Quora Saingan Baru Twitter

Quora saingan baru twitter. Tahun 2010 merupakan kejayaan bagi facebook dan twitter. 2 situs jejaring sosial itu menjadi primadona user. Mereka sukses mengkandaskan myspace, friendster dan juga bebo. Bagaimana kabar tren jejaring sosial 2011 ini ?
Banyak rumor yang mengatakan bahwa facebook akan ditutup mulai maret 2011 ini. Namun kabar itu hanya selintas saja. Pasalnya facebook secara resmi mengumumkan bahwa mereka tidak akan tutup sampai kapanpun. Memang sangat tidak beralasan kalau facebook tiba-tiba menutup begitu saja layananya. Satu hal yang harus dikutip, facebook baru saja mendapat suntikan dana segar sekitar Rp. 4 Trilyun dari Goldman Sachs juga Rp. 450 Milyar dari lembaga investasi rusia, digital sky technologies.
Lalu apa kabar dengan twitter di tahun 2011 ini ? Ya, twitter memang akan tetap meluncurkan sejumlah fitur-fitur baru dalam beberapa waktu kedepan nanti. Akhir-akhir ini juga twitter telah mendapat lonjakan dana guna membangun platform iklan dan re-design. Namun, beberapa pengamat jejaring sosial memprediksikan twitter lambat laun akan kehilangan kelasnya.
Twitter

Para pengamat berargumen, twitter telah ditinggalkan beberapa eksekutif senior beserta jajaran regenerasinya. Yang lebih menguatkan lagi, twitter disebut-disebut akan berfokus pada fitur-fitur dan platform yang mendukung bisnisnya semata. Inilah yang menjadi ketakutan twitter tidak akan lagi semeriah tahun-tahun sebelumnya. Baru sebatas prediksi dan ramalan saja, tapi perlu untuk kita garisbawahi.
Twitter boleh berhati-hati dengan kedatangan saingan baru. Mereka adalah platform yang menamai dirinya Quora. Quora baru lahir Juni 2009, pendirinya tak lain adalah mantan CTO (Chief Technology Officer Facebook) Adam D'Angelo. Ada banyak perbedaan antara Quora dan Twitter, tapi bisa dibilang Quora punya kelebihan yang tidak dipunyai Twitter.

Adam D'Angelo

Apa saja kelebihan Quora? basis sistemnya adalah user generated content. Dimana Quora diisi oleh segala suntingan, pertanyaan dan jawaban yang dibuat penggunanya. Sepintas mengadaptasi facebook, wiki, yahoo answer, formspring ataupun foursquare sekalipun. Tapi ini jelas akan membuat kontenya lebih kaya dengan pengetahuan. Nilai lebihnya, pengguna tidak hanya diizinkan untuk berlangganan update subyek / person semata. Tapi juga diberi keleluasaan untuk memfollow topik, tidak hanya sebatas mengikuti perkembangan figur / orang saja. Tentu ini akan menyenangkan, sebab pengguna diperbolehkan untuk mengikuti topik apa saja yang mereka suka.
Nah, bagaimana teman-teman? bila kalian penasaran dengan segala fasilitas Quora. Anda bisa langsung mendaftar sekarang dan mengetahui apa saja plus minus yang terkandung di dalamnya. Quora sudah go public, dan pastinya dapat dinikmati oleh setiap user. Eits, ada satu pertimbangan lagi bahwa Quora lebih unggul dibanding Twitter. Ya, Quora menambahkan konsep search engine seperti apa yang dipunyai google. Tertarik? langsung saja mari kita sama-sama mencoba daftar di Quora.

Quora




0 Komentar:

Posting Komentar