Tips Aman Agar Dapat Akses Masuk Backstage Saat Konser

Backstage, sebuah ruang singgah untuk band, sekaligus ruang impian bagi tiap fans. Fans mungkin penasaran apa saja kebiasaan para personil band sebelum dan sesudah manggung. Tapi kenyataanya tidak sembarang orang  punya hak keluar masuk backstage. Bagi para fans, merupakan suatu kebanggaan tersendiri bisa masuk ke backstage dan berinteraksi langsung dengan sang idola. Berikut ini ada beberapa tips mudah dan aman, membantu kamu mendapat 'tiket' masuk backstage. Semoga bermanfaat khususnya buat kamu yang hobi datang ke konser musik. Cekitcrot!

1. Jadi bagian dari crew atau panitia konser / gig tersebut
Sudah menjadi rahasisa umum tiap crew atau panitia diberi ID card khusus yang memberi kemudahan akses  keluar masuk backstage. Tidak bisa dipungkiri terkadang orang-orang juga berlomba-lomba 'menghubungi' Event Organizer untuk mendapatkan fasilitas ini.

2. Ikut menjadi grupis atau anggota fan club dari band tersebut

 
Setiap band biasanya punya fan club atau komunitas masing-masing, terlepas dari  yang resmi ataupun yang tidak. Nah, melalui keikutsertaan kamu sebagai member fan club tersebut itu sangat membantu. Berdirilah paling depan saat konser, gunakan merchandise orisinil band mereka. Teriakkan dengan sepenuh hati kepada band "I'm Your Big Fans" dan buktikan kamu layak untuk 'satu ruangan' dengan mereka setelah konser nanti.

3. Jadi jurnalis musik


Khusus untuk kamu yang punya hobi menghadiri konser sekaligus menulis atau memang kebetulan bekerja  sebagai reporter untuk media. Beruntunglah kamu, karena cara ini sangatlah efektif. Tunjukkan identitas pers valid kamu, pastikan semuanya lancar hingga kamu diperbolehkan untuk masuk Kalau sudah begitu kamu leluasa untuk meng-interview si band, berfoto atau sekedar berbincang-bincang ringan dengan mereka. Inilah yang disebut dengan sambil menyelam minum air, menyenangkan bukan ;)

4. Datang lebih awal saat konser


Banyak keuntungan datang lebih awal di konser. Salah satunya dengan kehadiran kamu lebih awal di venue, kamu akan melihat kedatangan rombongan si band. Kalau situasi dan kondisinya memungkinkan cobalah  untuk hampiri mereka. Sedikit berbasa-basi dengan mereka, bantu mereka membawa alat-alat. Sesekali lontarkan pertanyaan "Saya sangat senang dengan karya musik kalian, bolehkah saya bertemu lagi dengan kalian selepas konser nanti?". Kalau kamu berhasil mengambil hati mereka, mereka akan dengan senang hati menunggu kedatangan kamu di backstage. Tapi cara ini sepertinya tidak berlaku di konser-konser besar karena memang rata-rata perizinanya sangatlah ketat.


5. Kunjungi stand / booth merchandise mereka

Dalam sebuah konser, tidak jarang band membuka stand / booth khusus yang menjual merchandise mereka. Mungkin ini kesempatan buat kamu untuk lebih dekat dengan band. Coba kunjungi stand merchandise mereka dan beli satu atau beberapa. Sebelum pergi, lemparkan sebuah pertanyaan kecil untuk penjaga stand "Saya adalah salah satu fans mereka, sebagai bukti apresiasi saya terhadap musik mereka saya dengan senang hati membeli beberapa merchandise dengan uang hasil tabungan saya. Lalu, dapatkah anda membantu saya untuk bertemu dan berfoto bersama mereka?". Tunggu sesaat dan nantikan respond positif dari mereka.

6. Kamu kenal atau bahkan sudah mempunyai hubungan baik dengan personil maupun crew


Seharusnya ini menjadi cara yang paling simple dan mudah. Yang jadi pikiran selanjutnya, apakah si band punya waktu luang untuk kamu ?. Kalau pertanyaan tersebut diiyakan oleh mereka, kamu tinggal tenang saja. Jangankan untuk masuk backstage, mau ajak mereka main ke rumah kamu pun sepertinya bukan hal yang mustahil, hehe ;P


1 Komentar:

  1. Nice info bos. Jangan lupa mampir ke tempatku ya.. thanks

    BalasHapus