5 Musisi Penyandang Cacat Yang Malah Menjadi Legenda


Biasanya orang berpikir bahwa cacat atau ketidaksempurnaan indra menjadi alasan yang menghambat  kreasi, khususnya dalam dunia musik. Siapa yang menyangka bahwa orang buta bisa dengan lihainya  memainkan alat musik, atau siapa yang mengira bahwa seorang dengan keterbatasan pendengaran bisa  bernyanyi-nyanyi seolah-olah orang tidak tau apa kekuranganya. Namun ada beberapa musisi yang berhasil  mematahkan mitos bahwa orang dengan keterkurangan  fisik atau indra justru malah membuat karya yang  melambung. Berikut 5 musisi tersebut :

1. Brian Wilson



Brian Wilson, Salah satu anggota dari Band The Beach Boys. Dia adalah penulis lagu yang handal untuk  band tersebut. Namun tidak ada yang menyangka bahwa sebenarnya dia memiliki sebuah kekurangan.  Beliau memiliki masalah dalam pendengaranya, meskipun tidak sepenuhnya tuli. Telinga kananya tidak  berfungsi dengan baik. Menurut pemaparanya, hal itu terjadi ketika masih kecil ayahnya pernah memukul  kepalanya dengan sesuatu benda. Hal itu tidak membuat dia berhenti berkarya dalam bermusik, bahkan  sampai sekarang karyanya masih banyak disukai. Termasuk saya pribadi ;)

2. Tonny Iommy

Tonny Iommy, gitaris band Black Sabbath. Secara logika, gitaris harus memiliki jari-jari yang sempurna  untuk memainkan nada di fret-fretnya. Namun semua pandangan dirubah oleh Tonny Iommy. Dia adalah  seorang gitaris yang memiliki kekurangan pada jarinya. Pada usia 17 tahun, dalam sebuah kecelakaan pabrik  industri tommy kehilangan ujung jari tengahnya. Untuk mengatasi kekuranganya tersebut, tommy membuat  sebuah 'jari palsu' pada tanganya. Dia melelehkan botol plastik untuk dibentuk dan dipasang di jari jarinya  untuk kemudian ditutup dengan kulit, sehingga pada akhirnya dia masih bisa terus memainkan nada nada  indah melalui jari-jarinya itu. Sebuah tips menarik juga nih buat para gitaris ;)

Video Solo Gitar Tony Iommy : 




3. Rick Allen

"Mungkin kalau bukan karena kecelakaan itu, saya tidak akan seperti sekarang ini" Mungkin itulah sedikit  petikan dari Rick Allen, drummer Daf Leppard. Dia bergabung dengan Daf Leppard di tahun 1980.  Ironisnya, di tahun 1984 dia mengalami sebuah kecelakaan mobil yang membuat ia harus kehilangan  tanganya. Untuk mengatasi keterbatasan lenganya itu, Allen membuat sebuah drum kit yang dibuat khusus.  Dan diapun masih terus bisa memukul drum meski dengan satu tangan.

Cek Video Rick Allen Perform Dengan Satu Tangan :





4. Ludwig Van Beethoven



Siapa yang tak kenal dengan komposer hebat ini. Mulai dari karya karyanya di era musik klasik sampai  romantik. Sayangnya, pada tahun 1970 dia sedikit-sedikit kehilangan pendengaranya sampai akhirnya tuli  sepenuhnya. Untuk melanjutkan karyanya dalam bermusik. Tiap kali bermain piano, dia membuat sebuah  tongkat di papan suara pianonya. Tongkat itu dia gigit, dan tiap kali tongkat itu bergetar Beethoven mampu  menangkap setiap nada-nada yang keluar. Kami selalu salut terhadap segala bentuk kreativitasmu,  Beethoven.

Quotes : “The barriers are not erected which can say to aspiring talents and industry, ‘Thus far and no  farther.’” – Ludwig van Beethoven Beethoven

5. Stevie Wonder



Semua orang tahu bahwa Stevie Wonder adalah seorang pencipta lagu, penyanyi dan produser rekaman  yang hebat. Namun, semua orang juga tahu bahwa sejak kecil Stevie terlahir buta. Meski begitu, Stevie  Wonder berhasil meyakinkan seluruh dunia bahwa buta bukan satu-satunya halangan untuk berkarya.

Quotes : “Just because a man lacks the use of his eyes doesn’t mean he lacks vision.” – Stevie Wonder


Setidaknya dengan fakta-fakta diatas menginspirasi kita bahwa keterbatasan itu bukan satu-satunya alasan  penghambat dalam berkarya.

0 Komentar:

Poskan Komentar